Rabu, 12 November 2014

Pengabdian Masyarakat di Pulau Mecan Batam

Pembibitan Mangrove
Menumbuhkan Kecintaan terhadap Alam dan Pesisir dengan Kegiatan Pembibitan
  dan Pembersihan Bibir Pantai
Acara               : Pengabdian Masyarakat dan Inagurasi FKIP BIOLOGI Semester 1
Peserta             : Seluruh Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bilogi UNRIKA Batam
  Khusus Semester 1a.       Kegiatan Penyuluhan Mangrove dilaksanakan pada :
Hari, tanggal         : Sabtu, 08 November 2014
Waktu                   : Pukul 14.30 – selesai.
Tempat                  : Lapangan, Pulau Macan
b.      Kegiatan INAGURASI dilaksanakan pada :
Hari, tanggal         : Sabtu, 08 November 2014
Waktu                   : Pukul 17.30 – selesai.
Tempat                  : Lapangan, Pulau Macan
c.       Pembibitan Mangrove  dilaksanakan pada :
Hari, tanggal         : Minggu, 09 November 2014
Waktu                   : Pukul 07.30 WIB – 11.00
Tempat                  : Pesisir Pantai Pulau Macan
d.      Aksi Pembersihan Pantai  dilaksanakan pada :
Hari, tanggal         : Minggu, 09 November 2014
Waktu                   : Pukul 12.30 WIB – Selesai
Tempat                  : Pesisir Pantai Pulau Macan           

          Mangrove merupakan jenis tumbuhan pantai yang secara spesifik tumbuh subur di sepanjang pantai beriklim tropis dan sub tropis serta terlindungi dengan membentuk formasi di sepanjang pantai. Mangrove memiliki nilai ekologis yang cukup besar sebagai barrier menjaga kestabilan daerah pesisir pantai dari abrasi dan berperan mengurangi global warming.
       
 penyerahan cenderamata kepada kelompok budidaya karang
  
Himpunan Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Riau Kepulauan berniat untuk melakukan  pembibitan mangrove untuk turut serta dalam melestarikan dan menjaga ekosistem mangrove dengan membuat lahan konservasi mangrove serta Pembersihan daerah perairan kawasan bibir pantai di Pulau Sarang, Belakang Padang, Kota Batam. Selain itu, diberikan juga pengetahuan mengenai kerusakan hutan mangrove serta tindakan yang harus diambil agar dapat mengembalikan fungsi dan manfaat mangrove kepada mahasiswa khususnya dan masyarakat pada
umumnya, yakni dengan sosialisasi dan pembibitan bagi mahasiswa dengan tema kegiatan di wilayah pesisir mengingat pentingnya kelestarian hutan mangrove bagi ekosistem dan kehidupan manusia dan kebersihan laut dari sampah-sampah Rumah Tangga.
Kegiatan Pengabdian Masyarakat HMPB berlangsung selama Dua hari. Untuk meningkatkan kesiapan mahasiswa baru dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat, maka diadakan Pengenalan untuk daerah tempat tinggal yang dibagi menjadi 3 Kelompok, masing-masing kelompok akan tinggal dirumah warga.
Penyuluhan Mengenai Mangrove kepada Mahasiswa yang berlangsung dilapangan Pulau Macan dengan diberikan bimbingan Langsung Dosen Pendidikan Biologi serta Tokoh masyarakat setempat Pulau Macan Pada tanggal 08 November 2014 Pukul 13.00 WIB. Yang dibuka Langsung Oleh Panitia HMPB dan beberapa kata sambutan dari Bpk Darul Aman Harahap, S.Pt., M.M,. M.Pd selaku Wakil Rektor III UNRIKA Batam dan sambutan Bpk Drs. Notowinarto, M.Si serta Dosen Pembimbing Yarsi Efendi, S.Si., M.Si dan diakhiri dengan Pemberian Pengahargaan Kepada Ketua RT dan RW Serta Tokoh Masyarakat Pulau Macan.
Pada Malam Hari Sekitar Pukul 23.00 baru bias dilanjutkan acara Inagurasi Fkip Biologi Semester 1 dikarenakan cuaca yang tidak memungkinkan, dimana cukup meriah dengan kegiatan Ramah tamah, Games, maupun malem Keakraban Antara semester bawah dengan semester atas dan akhir kegiatan dilakukan BBQ serta Bernyanyi bersama.
Diatas Pongpong
Hari Kedua Seluruh Peserta mengadakan Senam Pagi sekotar Pukul 07.00WIB dan Langsung dilanjutkan dengan kegiatan Pembibitan Mangrove yang didampingi langsung BPk Yarsi Efendi, Ramses Fidaus, M.Si Serta Ibu Destaria Sudriman, M.Pd, Maupun Tokoh Masyarakat Pulau Macan dan setelah Istirahat ISHOMA pukul 12.00-13.00 WIB dilanjtkan dengan kegiatan Pembersihan Pesisir Pantai Pulau Macan selesai pukul 15.30 WIB. Acara diakhiri dengan jabat tangan antara dosen, panitia dan peserta dan Pamitan Keapda Masyarakat, Tokoh Masyarakat serta RT/RW Pulau Macan.
Hadir Lainnya :

1.      Dahrul Aman Harahap, S.Pt., M.M., M.Pd.( sebagai Wakail Rektor III Bid. Kemahasiswaan)
2.      Nurhaty Purnama Sari M.Pd ( sebagai Kaprodi Pendidikan Biologi )
3.      Dosen-dosen Pendidikan Biologi
4.      Tokoh Masyarakat Pulau Macan
5.      KBK ( Kelompok Budidaya Karang)

6.      Ketua RT/RW Pulau Macan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar