Jumat, 10 Januari 2014

PENUTUPAN KULIAH KERJA NYATA-PEMBELAJARAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (KKN-PPM) UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN

Sambutan Oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan
dan Alumni : Dahrul Aman Harahap, SPt, MM, MPd
Setelah kurang lebih3(tiga) bulan menjalani praktik Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di kelurahan-keluarahanKecamatanSagulung Kota Batam PropinsiKepulauan Riau, para mahasiswa KKN-PPM Universitas Riau Kepulauan akhirnya menyelesaikan program kuliah kerja nyata tersebut. Pada hari Sabtu (3/12) seluruh mahasiswa KKN-PPM yang berpraktik di Kecamatan Sagulung menggelar acara penutupan program KKN-PPM di LapanganParkir Kantor CamatSagulung. Pada kesempatan itu Ketua LPPM Unrika, Linayati Lestari, S.IP.,MA. danparadosenpembimbing lapangan hadir serta Dekan di lingkungan Universitas Riau Kepulauan bersama WakilRektor III (BidangKemahasiswaan dan Alumni : Dahrul Aman Harahap, SPt, MM, MPd). Sebelum hadir di acara pelepasan dan perpisahan mahasiswa KKN-PPM tersebut, Ketua LPPM juga telah mengahadiri acara penarikan mahasiswa KKN PPM di tingkatkelurahan yang dilaksanakanolehTiapKelompok KKN-PPM mahasiswa.  Acarapelepasandanperpisahanmahasiswa KKN-PPM dihadirilangsungDinasPendidikan Kota Batam, Camat, paraLurahKecamatanSagulung, Kapolsek Sagulung serta undangan dan tokoh Masayarakat.
Linayati Lestari mengatakanbahwaKKN PPM yang dilaksanakan oleh Unrika merupakan bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat yang telahtertulis padaTridharmaPerguruan.
Tinggi.KKN PPM inidapatmenjadimotivasidandorongankepadamasyarakat agar mampumenggalipotensi yang adadanberanibertindakuntukmemperbaikikualitashidup.Diharapkan KKN PPM untuktahun-tahunberikutnya di KecamatanSagulung Kota Batam, tetapdapatterusdilaksanakan.
BeliaujugamengatakanbahwaProgram KuliahKerjaNyata (KKN) Universitas Riau KepulauanmenyangkuttentangpemberdayaanmasyarakatKecamatanSagulung.KuliahKerjaNyata (KKN) merupakansalahsatumatakuliah di Universitas Riau.KKN merupakanmanifestasi yang berhubungandenganpelaksanaanTri Dharma PerguruanTinggi yang harusdilaksanakan.Sebagaidasarfalsafahpelaksanaan KKN, Tri Dharma PerguruanTinggimemuat 3 (tiga) konsep yang integral danmerupakanketerpaduanantaradimensipendidikan, penelitiandanpengabdiankepadamasyarakat.Mahasiswa KKN-PPM 2013 yang berjumlah360 (tigaratusenampuluh) orang terdiridariFakultasEkonomi, FakultasHukumdanFakultasIlmuSosialdanIlmuPolitikdantersebar di enamkelurahan di kecamatanSagulung Kota Batam.
WakilRektor III (DahrulAmanHarahap) dalamsambutannyamengucapkanbanyakterimakasihkepada LPPM Unrika yang telahberhasilmelaksanakan KKN PPM Gelombang I Unrikasertaikutberperansertamembantuprogram pemerintahdalampeningkatanmutusertakualitasmasyarakat, danbeliaujugamemberikanpenghargaanterumakepadaCamatsertaseluruhLurahdalamkecamatanSagulungataskesediaanmenerimadanbekerjasamadenganUniversitas Riau KepulauanmelaluipenempatanmahasiswaKuliahKerjaNyata (KKN) Unrika.
SementaraituCamatBatuAjiberharapsupayakegiatan KKN PPM dilaksanakandenganjangkawaktu yang cukup lama dandenganjumlahmahasiswa yang lebihbanyak yang tersebarmerata di tiapkelurahan, halinibertujuan agar mahasiswabisaberinteraksilebih lama denganmahasiswadanikutmemberikansolusidaripermasalah yang adadalammasyarakatkhsususnyamasyarakat di KecamatanSagulung Kota Batam, menyikapihaltersebutKetua LPPM Universitas Riau KepulauanLinayati Lestari mengaminipernmintaandariBapakCamatdanbeliauberjanjiuntukkegiatan KKN PPM tahundepan, program kegiatannyabisalebihmenyentuhpembangunanmasyarakat.
KegiatanKuliahKerjaNyatainidilakukanselamalebihkurang3 (tiga) bulanyaitumulaidaritanggal 02 Nopember 2013 sampaidengan 04 Januari 2014 denganberbagaikegiatan di masing-masingbidang yang dikuasaiolehmahasiswa. Kegiatan-kegiatantersebutdidasarkankepadaidentifikasimasalah yang adapadamasing-masingbidangdanpelaksanaanpenelusurandi kecamatanSagulungserta program lain selama KKN.
Perwakilanmahasiswadalamsambuatannyamengatakanbahwakegiatan KKN yang telahterlaksanasangatbagusdansangatmembantumerekadalammengaplikasiilmu yang didapatdibangkuperkuliahan, karenamelaluikegiatan KKN inilahmahasiswabisaberadaptasisertamengetahuipermasalahandanmencarisolusiuntukkemajuanmasyarakat, mahasiswajugaberharap agar program KKN kedepannyalebihbisamenyentuhseluruhlapisanmasyarakat.Selamakegiatan KKN telahbanyak program yang telahdilaksanakan, diantaranyaadalahpenyuluhanbantuanhukumsecaraawaldandinidengantujuanmemberitahukankepadamasyarakattentangsesuatuhakuntukmendapatkankeadilanmelaluibantuanhukumdarilembagabantuanhukum, advokat, dosen, ataumahasiswafakultashukum.Bidanglainnya, sepertiPenyuluhandanPelatihanprilakuhidupbersihdansehat (PHBS) lebihdifokuskanuntukkebiasaanmasyarakatumumnyaanak-anakmelakukancucitangandanbuangsampahpadatempatnya.BidangPemeriksaanfisikdilakukanpengukurantekanandarah, nadi, dansuhu "door to door " danPenyuluhan DBD, Penyuluhaninovasiprodukbagi UKM di sertaPenyuluhan NAPZA. Kegiatanlain, mahasiswajugamelaksanakan program yang bisabersinergidenganmasyarakatsetempatkarenainimerupakanhal yang paling pentingselamamelakukan KKN PPM danterjalintalisilaturahmi
Acarapenutupan KKN PPM Unrika, ditutupdenganberbagaikegiatandankeseniansepertitari Tor-tor olehibuibu PKK, acarasenidan music daritiap-tiapkelompakmahasiswa KKN sertapemberianpenghargaankepadaDinasPendidikan, Camat, sertaseluruhlurahdalamKecamatanSagulung. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar