Selasa, 10 April 2012

UNRIKA Ikuti Pelatihan Tracer Studi

Universitas Riau Kepulauan Batam mengirimkan pesertanya untuk mengikuti pelatihan tracer Studi di Padang yang dilaksanakan oleh Kopertis Wilayah X (Sumbar, Riau, Jambi,Kepri) yang dilaksanakan pad tanggal 25-27 Maret 2012. Peserta yang dikirim tersebut adalah Dahrul Aman Harahap dan Ramon Zamora. Materi yang diberikan dalam pelatiahan tersebut adalah Kebijakan Dikti, Latar Belakang Pelaksanaan Tracer Study Dikti, Pemahaman Filosofi dan Konsep tracer Study, manajemen dan metodologi tracer studi, tracer studi online, latihan manajemen data tracer studi online dan penyusunan action plan.
Di Indonesia upaya-upaya akademik berhubungan dengan keterkaitan pendidikan tinggi dengan dunia kerja belum begit banyak mendapatkan perhatian, berbeda dengan yang terjadi di Negara maju seperti Amerika Utara, Eropa Barat, Jepang maupun Singapura. Sampai saat ini strategi integrasi antara system pendidikan nasional dengan system tenaga kerja nasional masih baru dirintis sehingga masih sulit ditemukan adanya hubungan yang harmonis antara produk dunia pendidikan dan kebutuhan tenaga kerja.
Tracer study adalah studi mengenai lulusan lembaga penyelenggara pendidikan tinggi (Schomburg, 2003) atau salah satu cara/studi untuk menggali informasi berkaitan dengan transisi dari kuliah ke pekerjaan. Istilah lain yang sering digunakan adalah Graduate Surveys, Alumni Research, dan Fellow-up Study.
Tracer study digunakan untuk informasi evaluasi hasil pendidikan tinggi, penyempurnaan dan penjaminan kualitas pendidikan, informasi antara pendidikan dengan dunia kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar