Sabtu, 07 Januari 2012

Mahasiswa Pendidikan Sejarah UNRIKA Studi Banding

Mahasiswa Pendidikan Sejarah UNRIKA Studi Banding dan Kuliah Kerja Lapangan Ke Sumatera Utara

Mahasiswa Pendidikan Sejarah Universitas Riau Kepulauan (UNRIKA) batam Studi Banding ke Yayasan Universitas Labuhan Batu (Y-ULB) Rantauprapat dan Universitas Negeri Medan (UNIMED) serta Kuliah Kerja Lapangan ke Objek sejarah yang ada di Sumatera Utara yaitu Danau Toba, Pulau Samosir (Tomok), Berastagi, Instana Maimun dan Mesjid Raya Medan pada tanggal 27-31 Desember 2011. Ketua Prodi Pendidikan Sejarah UNRIKA menyampaikan bahwa kegiatan kuliah kerja lapangan ini rutin dilakukan oleh mahasiswa pendidikan sejarah yang ada di UNRIKA, sebelumnya juga sudah dilakukan kunjungan objek sejarah yang ada di Provinsi Kepulauan Riau antara lain Ke Pulau Penyengat dan Kawal di Tanjung Pinang, Pulau Bintan dan Arung Sejarah DAS Batang Hari jambi.

DR. H. Amarullah Nasution, SE, MBA selaku ketua yayasan Universitas labuhanbatu dalam sambutannya merasa terhormat dengan kunjungan yang dilakukan oleh mahasiswa dari UNRIKA dimana dalam kunjungan tersebut kedua Universitas dapat berbagi ilmu dalam pengelolaan perguruan tinggi untuk menjadi lebih baik lagi.

Sedangkan di UNIMED rombongan mahasiswa UNRIKA ini disambut oleh Dekanat Fakultas Ilmu Sosial dan Prodi Pendidikan Sejarah Unimed. Ketua Prodi Pendidikan Sejarah Lukitaningsih menyampaikan dalam sambutannya meyampaikan bahwa kunjungan yg dilakukan oleh mahasiswa dari UNRIKA ini sangat luar biasa karena mengingat perjalanan yang sangat jauh dari Batam_Dumau_Rantauprapat_Danau toba_Berastagi_Medan dan Berakhir di Kampus UNIMED ini, dan kami berjanji akan mengadakan kunjungan balasan yang serupa ke UNRIKA pada tahun 2012 ini, ujarnya. Pada kesempatan ini juga dilakukan seminar tentang situs-situs sejarah yang ada di Sumatera Utara.

Dahrul Aman Harahap, S.Pt, MM selaku Wakil Rektor III UNRIKA yang mendampingi kegiatan studi banding dan kuliah kerja lapangan tersebut menyampaikan bahwa banyak pengetahuan baru yang didapat oleh mahasiswa pendidikan sejarah dalam kegiatan tersebut apalagi peserta kenjungan adalah mahasiswa yang bukan berasal dari sumatera utara, kemudian pada kesempatan tersebut juga dilakukan tari tot-tor di danau toba karena kunjungan tersebut bertepatan dengan pesta danau toba tanggal 27-30 des 2011.

Berkaitan dengan itu, Dahrul Aman Harahap menyampaikan bahwa diharapkan Civitas Akademika Pendidikan Sejarah UNRIKA yang satu-satu di Provinsi Kepulauan Riau dapat bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk melakukan inventarisasi dan penjagaan situs-situs sejarah yang ada di Provinsi Kepulauan Riau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar